DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI TARIAN TRADISIONAL DI MI MIFTAHUL ULUM CILIBUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Wilda, Sajidatul
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-08-22 14:38:04 
Abstract :
Tarian tradisional merupakan hal yang sangat penting untuk dilestarikan terutama melalui pendidikan. Akan tetapi, sebagian besar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Cilibur Tahun Pelajaran 2016/2017 memiliki keterampilan tari tradisional yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Contextual Teaching Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi tarian tradisional di MI Miftahul Ulum Cilibur Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimen dengan menggunakan design penelitian One Shot Case Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes performance. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linear sederhana yang diperoleh adalah Y= 31,218 + 0,641 X. Adapun nilai Rhitung yang diperoleh sebesar 0,879 dan R square sebesar 0,773 (77,30%), sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model Contextual Teaching Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi tarian tradisional di MI Miftahul Ulum Cilibur Tahun Pelajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Peradaban