DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BUMIAYU 01 BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Rahayu, Anggun Putri
Subject
Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 
Datestamp
2017-04-25 09:47:28 
Abstract :
Berdasarkan realita yang ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Motivasi belajar yang baik dan memadai dapat mewujudkan pembelajaran efektif. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap pembelajaran efektif pada siswa kelas III SD Negeri Bumiayu 01 Brebes tahun pelajaran 2015/2016, 2) untuk mengetahui besarnya hubungan motivasi belajar terhadap pembelajaran efektif pada siswa kelas III SD Negeri Bumiayu 01 Brebes tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survey menggunakan angket dengan empat alternative jawaban. Populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas III SD Negeri Bumiayu 01. Sampel yang diambil adalah keseluruhan dari populasi yaitu sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap pembelajaran efektif. Hal tersebut diperoleh dari perhitungan koefisien korelasi antara motivasi belajar terhadap pembelajaran efektif sebesar 0,896. Maka diketahui perhitungan rhitung 0,896 lebih belsar dari rtabel 0,423 (0,896>0,423). Maka taraf signifikan 5% HO ditolak sedangkan Ha diterima, maka dengan demikian terdapat korelasi positif signifikan antara varibel X (motivasi belajar) dengan variable Y (pembelajaran efektif). Serta besarnya hubungan morivasi belajar terhadap pembelajaran efektif pada siswa kelas III SD Negeri Bumiayu 01 Brebes tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 80% sedangkan 20% dipengaruhi oleh faktor lain. 
Institution Info

Universitas Peradaban