DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI PECAHAN DI SD NEGERI DAWUHAN 03 KECAMATAN SIRAMPOG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Aini, Qurrotul
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-08-22 14:37:59 
Abstract :
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Dawuhan 03. Kemampuan memahami materi pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam keberhasilan pembelajaran. Penggunaan berbagai model dalam pembelajaran merupakan upaya guru untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran DLPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN Dawuhan 03 Kecamatan Sirampog. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sedangkan jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V dan sampel kelas V SDN Dawuhan 03. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran DLPS terhadap hasil belajar siswa, uji regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,00 berarti bahwa 0,00 < 0,5, menunjukan bahwa terdapat pengaruh model DPLS terhadap hasil belajar siswa, dan diperoleh pengaruh sebesar 64,4%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran DPLS berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban