Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Lumbir dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga kondisi kelas kurang efektif. Hal tersebut berdampak pada 64% siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SD Negeri 1 Lumbir dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan menggunakan desain one group pretest and posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 1 Lumbir. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan, baik menggunakan uji regresi linear sederhana maupun uji T, diperoleh hasil bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini, maka ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SD Negeri 1 Lumbir. Pengaruh yang ditimbulkan yaitu sebesar 67,1%. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.