Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Danaraja 01. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses siswa kelas V SD Negeri Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk Pre Exsperimental Design menggunakan One Group Pretest Posttest. Teknik sampel yang dgunakan Sampling Purposive, dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan proses siswa kelas V SD Negeri Danaraja 01 tahun Pelajaran 2016/2017. Besarnya pengaruh 13% dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, sedangkan sisanya sebesar 87% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel model pembelajaran Project Based Learning. Dengan kata lain, penerapan model Project Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan proses siswa kelas V.