DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V DI SD NEGERI BUNIWAH 01 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Hasanah, Khoerotul
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-08-23 14:06:30 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi keterampilan menulis puisi di kelas V SD Negeri Buniwah 01 Sirampog dikarenakan guru belum menggunakan model yang bervariasi sehingga kondisi kelas kurang efektif. Hal tersebut berdampak pada 64,2% siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Negeri Buniwah 01 kecamatan Sirampog, kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, pengambilan datanya menggunakan tes berupa soal Pretest dan Posttes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, eksperimen untuk uji coba dalam penelitian ini mengarah pada pra-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri Buniwah 01 yang berjumlah 14 siswa, sedangkan teknik analisis menggunakan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis puisi siswa Kelas v di SD Negeri Buniwah 01 kecamatan Sirampog, kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017, besarnya korelasi antara model pembelajaran Concept Sentence terhadap keterampilan menulis puisi siswa sebesar 0,839 artinya terjadi hubungan yang sangat signifikan karena nilai tersebut mendekati 1, sedangkan besarnya pengaruh ditunjukan dengan uji regresi linear sederhana yang melihat R Square sebesar 0,705 hal ini mengandung arti bahwa model pembelajaran Concept Senetence terhadap keterampilan menulis puisi siswa meningkat sebsar 70,50% dan 29,50% dipengaruhi oleh faktor lain. 
Institution Info

Universitas Peradaban