Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar pada anak merupakan hal yang penting, motivasi dapat tubuh dari dalam diri (intrinsik) dan dari luar (ekstrinsik). Motivasi belajar ekstrinsik dapat diperoleh dari orangtua, dan setiap orangtua memiliki strategi yang berbeda dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak. Persoalan yang dijawab penelitian ini adalah bagaimana strategi orangtua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati Bumiayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi orangtua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati Bumiayu tahun pelajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu 12 orangtua siswa kelas rendah di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan triangulasi teknik, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi orangtua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus yaitu dengan cara 1) memberikan pujian, 2) memberikan hadiah, 3) permainan, 4) memberikan pelatihan yang bertahap, 5) mengajari ketrampilan. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi orangtua di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati kecamatan bumiayu tahun 2016/2017 dalam menumbuhkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus sangat beragam.