Institusion
Universitas Peradaban
Author
Wulandari, Dwi Erni Agustina
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa
Datestamp
2017-08-24 13:00:41
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Gunung Lurah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan experimen dan menggunakan one-group pretest-posttest design. Teknik sampel yang digunakan adalah non random dengan jumlah responden 27 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Gunung Lurah. Dengan persamaan regresi Y= -9,029 + 1,258X. Nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,939 dan besarnya pengaruh penggunaan model Explicit Instruction terhadap hasil belajar IPA adalah sebesar 88,2% sedangkan sisanya 11,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model Explicit Instruction.