DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA TEMA 8 SUB TEMA 3 SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LUMBIR TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Rosmaningrum, Veviana
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2017-08-24 13:00:46 
Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ada dikelas IV SD Negeri 1 Lumbir kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas yang menunjukan bahwa Prestasi belajar pada tema yang memuat materi IPA masih belum tuntas. Sehingga peneliti akan melakukan penelitian eksperimen dengan model pembelajaran card sort. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran card sort terhadap prestasi belajar IPA tema 8 sub tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Lumbir tahun pelajaran 2016/ 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran card sort terhadap prestasi belajar IPA tema 8 sub tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Lumbir tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah pre-experimental dengan bentuk design one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran card sort terhadap prestasi belajar IPA tema 8 sub tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Lumbir sebesar 0,566 Artinya ada pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 56,60% dengan signifikasnsi 0,0001 < 0,05. Sisanya 43,40 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh model pembelajaran card sort terhadap prestasi belajar IPA tema 8 sub tema 3 siswa kelas IV SD Negeri 1 Lumbir tahun pelajaran 2016/ 2017. 
Institution Info

Universitas Peradaban