DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI JATISARI 05 KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Tyas, Presty Trianita Indartining
Subject
153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map 
Datestamp
2017-08-24 13:00:50 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar, Siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPS karena peserta didik hanya mendengarkan tanpa terlibat langsung dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode mind mapping terhadap motivasi belajar IPS kelas V SD Negeri Jatisari 05 kecamatan Kedungreja kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, dalam bentuk pre-eksperintal design dengan menggunakan desain penelitian one group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V. Pengambilan datanya menggunakan lembar observasi yang berupa lembar observasi, sedangkan teknik analisis menggunakan uji normalitas uji t dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa sebesar 81,7% artinya antara penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap motivasi belajar, dengan nilai thitung sebesar 12.933 sedangkan besaran nilai regresi 0,817 hal ini mengandung arti bahwa penggunaan metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa meningkat 81,7% dan 18,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 
Institution Info

Universitas Peradaban