Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa, maka menjadi pendorong peneliti untuk menerapkan metode diskusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Pagojengan 02 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan pre-experimental design, bentuknya One-Shot Case Study. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pagojengan 02 sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh sehingga jumlah populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: terdapat pengaruh metode diskusi terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Pagojengan 02 tahun pelajaran 2016/2017. Besarnya pengaruh yaitu 60,4% dengan menggunakan metode diskusi, sedangkan sisanya sebesar 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel metode diskusi, oleh karena itu dapat disimpulkan, metode diskusi berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa.