Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi peserta didik di SD Islam Ta?allumul Huda yang unggul. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik berprestasi di SD Islam Ta?allumul Huda Bumiayu pada tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi siswa di SD Islam Ta?allumul Huda Bumiayu tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Ta?allumul Huda Bumiayu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Keabsahan datanya yaitu triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi peserta didik di SD Islam Ta?allumul Huda dari faktor lingkungan sekolah yang paling mendominasi adalah fasilitas sekolah dan hubungan guru dan peserta didik yang harmonis. Sedangkan dari faktor internal peserta didik yang paling mendominasi adalah motivasi.