Abstract :
Penelitian ini diletarbelakangi oleh adanya motivasi yang tinggi pada siswa kelas IV dalam mengikuti pembelajaran, karena kemampuan guru dalam mengajar sudah sangat baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa kelas IV pada proses pembelajaran di MI Muhammadiyah Kutamendala kecamatan Tonjong. Penelitian ini difokuskan pada peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa kelas IV pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa kelas IV di MIM Kutamendala kecamatan Tonjong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MIM Kutamendala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru meliputi organisator, motivator, fasilitator dan lain-lain mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Saran yang diajukan pada guru kelas IV adalah selalu konsisten dalam melakukan tugasnya sesuai peran guru agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.