Abstract :
Hypnoteaching merupakan perpaduan pengajaran yang melibatkan pikiran sadar dan bawah sadar. Apabila diukur dengan alat pengukur gelombang otak, ada empat macam gelombang yakni beta, alpha, theta dan delta. Hypnoteaching adalah metode pengajaran yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didiknya dengan memberikan sugesti positif yang berisi serangkaian kalimat verbal agar peserta didik dapat lebih memahami materi pelajaran.
Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui implementasi metode hypnoteaching yang dilaksanakan oleh seorang guru kelas VI di SD Negeri Watujaya kecamatan Tonjong kabupaten Brebes pada tema dua ?selamatkan makhluk hidup?.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode hypnoteaching meliputi tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan dalam pelaksanaan metode hypnoteaching terdiri dari enam macam, yaitu niat dan motivasi dalam diri sendiri, pacing, leading, menggunakan kata positif, memberikan pujian, dan modelling. Kesimpulan dari penelitian adalah pelaksanaan metode hypnoteaching berjalan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan dan perlu adanya perbaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran.