Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa ingin tahu terhadap penerapan pembelajaran homeschooling oleh Lembaga Pendidikan Anugrah Bangsa di Purwokerto pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, adapun pengambilan datanya menggunakan wawancara dengan teknik analisis menggunakan teknik analisis interaktif melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, paparan dan verifikasi/simpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran homeschooling Ansa Purwokerto meliputi: a) perencanaan pembelajaran kurikulum yang digunakan kurikulum 2016, RPP dan silabus disusun oleh guru kelas masing-masing, media yang digunakan LCD dan laptop. b) pengelolaan pembelajaran, Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan 3 hari dalam satu minggu yaitu Senin, Rabu dan Jum?at dimulai dari pukul 08.00 ? 13.00. c) penilaian, dilaksanakan pada akhir semester dan ulangan harian dilaksanakan setiap hari. d) pelaporan, setiap ahkir semester semua orang tua/ wali murid mendapat laporan dari sekolah secara periodik.