Abstract :
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Puisi siswa kelas V SD Negeri Kalinusu 02.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, pengambilan datanya menggunakan tes berupa soal Pretest dan Posttes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, eksperimen untuk uji coba dalam penelitian ini mengarah pada pra-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Desaign. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri Kalinusu 02 yang berjumlah 28 siswa, sedangkan teknik analisis menggunakan uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write(TTW)Terhadap Keterampilan Menulis Puisi siswa kelas V SD Negeri Kalinusu 02 besarnya korelasi antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW)terhadap keterampilan menulis puisi siswa sebesar 0,856 artinya terjadi hubungan yang sangat signifikan karena nilai tersebut mendekati 1, sedangkan besarnya pengaruh ditunjukan dengan uji regresi linear sederhana yang melihat R Square sebesar 0,732 hal ini mengandung arti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write(TTW) meningkat sebsar 73,20% dan 26,80% dipengaruhi oleh faktor lain.