DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN METODE FISHBOWL TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Andini, Dyah Ayu
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2017-11-29 15:22:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan mencari berapa besar pengaruh penerapan metode fishbowl terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SD Negeri 2 Tinggarjaya Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan desain pre experimen one shot case study. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampel, dengan jumlah sampel sebanyak 24 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes kinerja dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifkan antara penerapan metode fishbowl terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SD Negeri 2 Tinggarjaya dengan persamaan regresi Y= 12,217 +0,912 X . Nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,886 dan besarnya pengaruh penerapan metode fishbowl terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V SD Negeri 2 Tinggarjaya adalah 8,978 dengan nilai signifikan adalah 0,000 (0,000 < 0,05). 
Institution Info

Universitas Peradaban