DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN RME ( REALISTIS MATHEMATICS EDUCATION )
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Masruhan, Adib
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2018-04-04 14:44:10 
Abstract :
Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VIII MTS Negeri Bantarkawung adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian menggunakan model Reciprocal Teaching dan Model RME untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar model Reciprocal teaching dan model RME terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil belajar dilihat dari tingkat ketuntasan kognitif siswa dalam kemampuan komunikasi matematis siswa, perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Negeri Bantarkawung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji anava dan uji komparasi ganda Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen reciprocal teaching adalah 78,20 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen RME yaitu 76,06 dan kelas kontrol yaitu 68.73. Uji anava diperoleh fhitung sebesar 4.56 dan ftabel sebesar 3,09 maka Fhitung>Ftabel. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunakan model reciprocal teaching, RME dan konvensional mempunyai rata-rata yang berbeda. 
Institution Info

Universitas Peradaban