Institusion
Universitas Peradaban
Author
Arifudin, Agung Nurul Iman
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2018-04-04 14:44:33
Abstract :
Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Bustanul Ulum Paguyangan adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan ketrampilan proses belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian menggunakan Model Means Ends Analysis (MEA) Berbantuan Mathematics Module untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan ketrampilan proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Means Ends Analysis (MEA) Berbantuan Mathematics Module terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh ketrampilan proses belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bustanul Ulum Paguyangan tahun pelajaran
2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana dengan SPSS. 16.0.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melampaui 74 dengan proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 78,62 lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 64,20. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif ketrampilan proses belajar siswa
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 58,7%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan Model Means Ends Analysis (MEA) Berbantuan Mathematics Module efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.