Institusion
Universitas Peradaban
Author
Pujiyati, Ema
Subject
153 Intelegensia, Kecerdasan, Mental, Mind Map
Datestamp
2022-12-08 05:15:40
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan guru untuk memprediksi soal Ujian Nasional dan siswa yang menganggap Ujian Nasional matematika merupakan materi yang paling sulit. Sehingga dilakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui analisis perbandingan level kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom soal Ujian Nasional tingkat SMP/MTs.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan, sumber data berupa dokumen soal-soal Ujian Nasional matematika tingkat SMP/MTs dari tahun ajaran 2014/2015-2016/2017 dengan mengambil satu paket dari tiap tahunnya. Metode pengumpulan data dokumentasi
Hasil penelitian dapat disimpulan bahwa kemampuan kognitif yang digunakan pada penyelesaian soal Ujian Nasional matematika dari tahun 2014/2015 sampai 2016/2017 rata-rata untuk tingkatan mengingat (C1) sebanyak 6,67%, memahami (C2) sebanyak 15,83%,menerapkan (C3) sebanyak 39,17%, menganalisis (C4) sebanyak 30,83%, sedangkan untuk tingkatan mengevaluasi (C5) 7,5% dan menciptakan (C6) belum muncul dalam soal. Dapat dikatakan tingkatan C6 0%. Sedangkan Materi yang mendapat proporsi terbanyak pada soal Ujian Nasional matematika selama tiga tahun terakhir adalah Geometri dan pengukuran dan materi yang banyak keluar adalah materi yang diajarkan pada kelas 8.