Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi bangun ruang sisi datar berdasarkan Kriteria Watson. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 03 Paguyangan. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa yang terdiri atas 2 siswa yang masing-masing berasal dari kelompok tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian yang dapat dikemukakan adalah kesalahan yang dilakukan oleh siswa hampir merata untuk setiap soal. Kesalahan yang paling menonjol dilakukan siswa adalah kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip) penyebab kesalahan tersebut karena siswa kurang memahami maksud soal. Kesalahan data hilang (omitted data/od) penyebab kesalahan kesalahan tersebut siswa karena kurang teliti. Kesalahan kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc) penyebab kesalahan tersebut siswa lupa dan terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Kesalahan masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp) penyebab kesalahan tersebut siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan.