Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Rata-rata kemampuan pemahaman relasional siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap pemahaman relasional siswa tuntas KKM; 2) Rata-rata kemampuan pemahaman relasional siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap pemahaman relasional siswa lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemahaman relasional siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; 3) Apakah terdapat pengaruh positif terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemahaman relasional siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Tonjong tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelasi VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik random. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji ketuntasan, uji proporsi, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana menggunakan SPSS. 23.0
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman relasional matematika siswa melampaui 70 dengan proposi siswa yang tuntas melebihi 70%. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman relasional siswa kelas eksperimen adalah 76,81 lebih baik dari nilai rata-rata kemampuan pemahaman relasional siswa kelas kontrol yaitu 71,19. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan menujukan regresi ?=a+bx= 1,738. Menujukan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman relasional siswa sebesar 78,4%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis Missouri Mathematics Project (MMP) efektif terhadap kemampuan pemahaman relasional siswa.