DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Aolia, Titis Ati Latifah
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2018-04-08 13:58:01 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif bertujuan untuk mndeskripsikan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada trigonometri ditinjau dari gaya kognitif siswa yaitu gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Kemampuan siswa dibagi menjadi tiga yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pemahaman yang digunakan dalam penelitian ini menganut indikator menurut ruseffendy yaitu pemahaman translasi, pemahaman interpolasi, pmahaman ekstrapolasi. Setelah dilakukan tes, siswa diberikan angket untuk menentukan gaya kognitif dan melakukan wawancara gaya kognitif kepada semua siswa kelas X-1. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa yaitu 6 siswa FI dan 6 siswa FD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa dengan gaya kognitif field independent hanya mencapai indikator translasi dan interpolasi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lemah dalam pemahaman ekstrapolasi. Untuk siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya mencapai indikator interpolasi, menunjukkan bahwa siswa lemah dalam pemahaman translasi dan ekstrapolasi. 
Institution Info

Universitas Peradaban