DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII SMP MA’ARIF NU PAGUYANGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Lestari, Winda
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2018-04-08 13:57:54 
Abstract :
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, banyak siswa yang belum tuntas dengan KKM senilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran REACT dengan pedekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Ma?arif NU Paguyangan. Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ma?ariif NU Paguyangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen VIII B dan kelas kontrol VIII A yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji ketuntasan, uji banding dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melampaui 70 dengan proporsi siswa yang tuntas 89%. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 79 lebih baik dibanding rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 66,24. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi 
Institution Info

Universitas Peradaban