Abstract :
Hasil UAS gasal tahun 2015/2016 kelas VIII SMP Bustanul Ulum Paguyangan menunjukkan bahwa rata-rata nilai UAS matematika masih rendah di bawah standar KKM yaitu 72. Kemudian dilakukan analisis terhadap soal uraian UAS matematika dan diperoleh hasil kemampuan koneksi matematika siswa rendah. Setelah dilakukan observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap guru matematika, ternyata aktivitas belajar siswa juga monoton. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Efektivitas yang dimaksud adalah pembelajaran tuntas KKM, memiliki perbandingan yang lebih baik, dan berpengaruh positif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Bustanul Ulum Paguyangan tahun pelajaran 2015-2016. Teknik sampel dalam penelitian ini diambil secara random, terpilih kelas VIII A sebagai kelas uji coba, kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP, dan VIII F sebagai kelas kontrol yang dikenai model pembelajaran konvensional. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan uji One Sample Test, uji proporsi, uji Indenpendent Samples Test, uji Regression, dan uji R Square.
Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa mencapai 81,52 dengan persentase proporsi ketuntasan sebesar 89,74%, rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP yaitu 81,52 lebih baik daripada rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 71,28, dan terdapat pengaurh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS dengan pendekatan OEP yaitu 82,5%.