DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERMUATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Afriyani, Ade Novita
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2018-10-27 11:51:51 
Abstract :
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Terlihat dari hasil UAS semester 2 mata pelajaran matematika kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 menunjukan nilai rata-ratanya hanya mencapai 60,72 sedangkan KKM nya adalah 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi bangun ruang sisi datar (kubus & balok). Keefektifan dilihat dari tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen, dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Bumiayu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Cara pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Sampling. Analisis data yang digunakan diantaranya yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan, uji ketuntasan proposi, uji beda rata-rata dan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa telah melampaui KKM dan lebih dari 75% siswa telah melampaui KKM. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen yaitu 79,61 dengan nilai tertinggi yaitu 94 dan nilai terendah yaitu 61. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol yaitu 67,78 dengan nilai tertinggi yaitu 80 dan nilai terendah yaitu 60. Pada uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi yaitu (y ) ?= -58,490+2,018X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 71,1%. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT bermuatan etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. 
Institution Info

Universitas Peradaban