Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa yang rendah. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas sampel yang diajar menggunakan pembelajaran yang berbeda dan pengaruh aktivitas belajar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran think pair share berbasis permasalahan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan dua kelas sampel yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar tes kemampuan koneksi matematis siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen telah mencapai KKM yaitu 77,26 dan lebih dari 75% siswa dengan nilai kemampuan koneksi matematis siswa lebih dari KKM. Sedangkan rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas kontrol masih tergolong rendah yaitu 69,64, artinya belum mencapai KKM. Sedangkan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis dengan besar pengaruh sebesar 82,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran think pair share berbasis permasalahan sehari-hari efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.