DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN KONSTSRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Afidah, Irma
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2018-12-01 04:07:44 
Abstract :
Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Setelah dilakukan observasi terhadap siswa dan wawancara terhadap guru matematika, ternyata keterampilan proses siswa juga rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Guided Discovery dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Populasinya siswa kelas VII SMP Ma?arif NU 4 Bantarkawung. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII A, kelas kontrol VII D, dan kelas uji coba VIII B., dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan uji ketutasan rata-rata keampuan pemahaman konsep matematika siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata , uji beda rata-rata dan uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata keampuan pemahaman konsep matematika melampaui 75 dengan proporsi siswa tuntas lebih 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen adalah 82,81 lebih bail daripada rata-rata kemmpuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol yaitu 62,78. Uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y ? = ?52,951 + 1,791X menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa sebesar 79,1%. Kesimpulan dari uraian diatas adalah penggunaan model pembelajaran Guided Discovery dengan pendekatan konstruktivisme efektif terhadap kemampuan peahaman konsep mateatika siswa SMP kelas VII. 
Institution Info

Universitas Peradaban