Institusion
Universitas Peradaban
Author
Handoko, Muhamad Catur
Subject
371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan
Datestamp
2018-12-01 04:07:50
Abstract :
Penelitian ini latarbelakang kemampuan pemecahan masalah mateatika siswa yang masih rendah ditunjukkan dengan pemberian soal investigasi dari jumlah populasi kelas VII diambil sampel secara acak yaitu dikelas VII D dimana dari total siswa 30 orang hanya 36,7% siswa menjawab benar dan 63,3% siswa masih menjawab dengan salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari metote diskusi berbasis Handout tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi siswa kelas VII SMP negeri 3 Margasari. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII D, kelas kontrol VII F Sample Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan uji ketuntasan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata uji beda rata-rata dan uji regrasi linear sederhan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan matematika siswa melampaui 73 denga proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 60 lebih baik dari pada nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 57. Uji regrasi sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 69,3%. Kesimpulan dari muraian diatas adalah penggunaan metode diskusi berbasis Handout efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi segitiga dan segiempat.