DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS METODE DISKUSI BERBASIS HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Handoko, Muhamad Catur
Subject
371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan 
Datestamp
2018-12-01 04:07:50 
Abstract :
Penelitian ini latarbelakang kemampuan pemecahan masalah mateatika siswa yang masih rendah ditunjukkan dengan pemberian soal investigasi dari jumlah populasi kelas VII diambil sampel secara acak yaitu dikelas VII D dimana dari total siswa 30 orang hanya 36,7% siswa menjawab benar dan 63,3% siswa masih menjawab dengan salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari metote diskusi berbasis Handout tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi siswa kelas VII SMP negeri 3 Margasari. Sampelnya yaitu kelas eksperimen VII D, kelas kontrol VII F Sample Random Sampling. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan uji ketuntasan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, uji proporsi ketuntasan rata-rata, uji beda rata-rata uji beda rata-rata dan uji regrasi linear sederhan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan matematika siswa melampaui 73 denga proporsi siswa yang tuntas melebihi 75%. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen adalah 60 lebih baik dari pada nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol yaitu 57. Uji regrasi sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif keterampilan proses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 69,3%. Kesimpulan dari muraian diatas adalah penggunaan metode diskusi berbasis Handout efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi segitiga dan segiempat. 
Institution Info

Universitas Peradaban