Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V B di SD Negeri 03 Tipar Kidul .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Inqury dengan Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekseperiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group Desaign dengan desain pretest-postest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 03 Tipar Kidul. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Tipar Kidul yang berjumlah 54 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi. Hasil uji statistik T-test Idependent sample t-test yang dilakukan, nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 dan nilai t hitung pada penelitian ini adalah 2,472 lebih besar dari pada t tabel 2,400. Maka dapat diambil keputusan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Inqury dengan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPA di SD Negeri 03 Tipar Kidul. Hasil perbandingan penggunaan model pembelajaran Inqury dan Discovery Learning dilihat berdasarkan hasil nilai postest dengan nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inqury sebesar 80,74, sedangkan nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sebesar 74,44.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya agar mengkaji penelitian ini lebih mendalam mengenai model pembelajaran yang lebih efektif untuk memperbaiki dan mengembangkan hasil belajar siswa.