Institusion
Universitas Peradaban
Author
Ulfah, Dede Monika
Subject
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam, Pesantren, TPA
Datestamp
2018-12-12 07:50:05
Abstract :
Latar belakang masalah dari penelitian ini masih ada siswa yang berperilaku kurang baik saat pembelajaran berlangsung maupun diluar pembebelajaran. Seperti saat pembelajaran berlangsung ada siswa yang suka mengganggu temannya yang sedang belajar, mencontek saat ulangan, buang sampah tidak pada tempatnya, berkata yang tidak sopan kepada temannya atau kaka/adik kelas, ketika bertemu dengan guru tidak mengucapkan salam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter siswa kelas 5 SD Negeri Ciputih 02 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelatif. Adapun variabel independent dalam penelitian ini yaitu pembelajaran agama Islam dan variabel dependent dalam penelitian ini yaitu karakter siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa. Tehnik samplingnya menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Validasi instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi.
Hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan product moment diperoleh taraf signifikansi 0,03 diperoleh nilai rhitung (0,736) > rtabel (0,301). Dengan demikian, r hitung berada di daerah penolakan Ho maka ada hubungan pembelajaran pendidikan agama Islam efektif terhadap karakter siswa. Adapun besarnya hubungan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter Siswa sebesar 73,6%, sedangkan sisanya 26,4% dipengaruhi oleh faktor lain.