Institusion
Universitas Peradaban
Author
Wibawani, Etika
Subject
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam, Pesantren, TPA
Datestamp
2018-12-12 07:50:00
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena yang ada dimana di tengah-tengah perkembangan zaman yang makin maju seperti dalam beberapa aspek kehidupannya, maka tuntutan pendidikannya pun harus menyesuaikan perkembangan zaman yang mana sebagian besar fokus mengejar aspek duniawi dan ada sekolah yang mengajarkan warganya untuk tetap menyeimbangkan aspek dunia dan akhirat dan ini dapat menciptakan karakter religius pada siswi-siswinya berdasarkan ajaran Al-Qur?an dan Assunah sesuai as-Salaf ash-Shalih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan teknik internalisasi nilai-nilai Islam dalam membentuk karakter religius siswi di Madrasah Salafiyah Ula Ma`had Al-Faruq Pernasidi kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru Madrasah Salafiyah Ula Ma?had Al-Faruq Pernasidi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi nilai-nilai Islam yang diterapkan di Madrasah Salafiyah Ula Ma?had Al-Faruq Pernasidi dalam membentuk karakter religius siswi menggunakan dua cara yaitu langsung dan tidak langsung. Cara langsung dengan memberi suatu contoh atau keteladanan yang baik dilakukan oleh guru dan juga pembiasaan yang dapat dilihat. Sedangkan yang tidak langsung melalui kegiatan pembelajaran di kelas-kelas dengan mata pelajaran agama. Dalam internalisasi nilai-nilai Islam dalam membentuk karakter religius siswi diperlukan beberapa tahap diantaranya: 1) tahap pemberian pengetahuan dan pemahaman, 2) tahap pembiasaan, 3) tahap transinternalisasi, 4) tahap kebutuhan dan 5) tahap evaluasi.
Dan diperlukan teknik-teknik internalisasi yang dilakukan yaitu 1) Peneladanan, menirukan, 2) Pembiasaan Tahfidz, pembiasaan pengulangan materi, Pembiasaan membaca bersama, pembiasaan menulis, pembiasaan mengerjakan tugas/latihan dan 3) Teknik-teknik lain yaitu teknik 3 M (menjelaskan, mencontohkan dan mengamalkan), tanya jawab, nasihat, pemantauan siswi di rumah, penilaian, teguran dan sanksi. Nilai-nilai Islam yang ditanamkan di Madrasah Salafiyah Ula Ma?had Al-Faruq Pernasidi yaitu nilai akidah, syariah dan akhlak yang didasarkan pada ajaran murni Al-Qur?an dan Assunah sesuai as-Salaf ash-Shalih.