Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak adanya media yang sesuai dengan mata pelajaran matematika materi penaksiran bilangan asli. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan alat peraga papan pepurarit mata pelajaran matematika materi penaksiran bilangan asli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan desain One Group pretest-posttest design. Model pengembangan dimodifikasi dari model Sugiyono dan model Borg and Gall. Model terdiri dari 6 langkah yakni: (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba pemakaian. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan paired-samples t test. Hasil penelitian diperoleh (1) media pepurarit layak dan valid berdasarkan hasil validasi materi dan media sebesar 4,2 dan 3,4 dengan kategori sangat baik dan baik. (2) media pepurarit efektif digunakan ditunjukan hasil uji t-test diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,00, karena probabilitas < 0,05.