DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI DESA SINDANGWANGI KECAMATAN BANTARKAWUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Soraya, Ayu
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2018-12-23 04:15:41 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini ditemukan sebagian besar siswa kelas IV SD Negeri se_Desa Sindangwangi memiliki hasil belajar yang rendah. Selain itu, ditemukan pula dalam pembelajaran guru masih menggunakan model dan media pembelajaran konvensional, seperi media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatiftipe TPS berbantuan media PowerPoint terhadap basil belajar IP A siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperirnen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Sindangwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Negeri Sindangwangi 02 dan SD Negeri Sindangwangi 03 yang berjumlah 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji norrnalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji T sampel independen. Hasil penelitian diperoleh I hitung sebesar 2,848 dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05 maka diperoleh t tabe1 2,449 sehingga I hitung > I tabel- Jadi Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model TPS berbantuan media PowerPoint lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terbadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri se-Desa Sindangwangi Kecarnatan Bantarkawung Tahun Pelajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Peradaban