Abstract :
Berdasarkan data hasil belajar siswa. Sebagaian besar siswa kelas V SDN Cikuning 03 Tahun Pelajaran 2017/2018 memiliki hasil belajar rendah, terutama pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah mengembangankan media pembelajaran berupa buku saku tokoh pahlawan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cikuning 03 pembelajaran IPS.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan (Borg and Gall) dalam Sugiyono. Dikembangkan melalui model penelitian dan pengembangan dengan langkah sebagai berikut. 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) hasil revisi; dan 6) uji coba produk. Data penelitian ini diperoleh menggunakan wawancara, kuesioner validator, serta pretest dan postest. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen One Group Pretest Postest Design
Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata prosentase 68% yang termasuk dalam kategori Layak, ahli media diperoleh rata-rata prosentase 72% yang termasuk dalam kategori Layak. Hasil belajar pretest dan postest dihitung menggunakan uji hipotesis dengan uji t-test (Paired Samples Test) dengan bantuan program SPSS, pada output diketahui Sig (2-tailed) = 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya, pengembangan buku saku tokoh pahlawan berbasis kartun efektif meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN Cikuning 03. Jadi kesimpulannya media pembelajaran buku saku berbasis kartun materi persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dikembangkan layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SDN Cikuning 03.