Abstract :
Pemahaman keragaman budaya merupakan salah satu materi pembelajaran yang sangat penting dikuasai siswa. Akan tetapi, sebagian besar siswa kelas IV SD Negeri 1 Parungkamal memiliki pemahaman keragaman budaya yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media monopoli terhadap pemahaman keragaman budaya siswa kelas IV SD Negeri 1 Parungkamal Kecamatan Lumbir Tahun Pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen bentuk true eksperimental menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 1 Parungkamal yang berjumlah 46 siswa.Hasil penelitian ini diperoleh nilai uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t diperoleh nilai thitung dan Sig. (2-tailed) yang berada pada daerah penolakan H0, yaitu thitung > ttabel (5,201 > 2,508) dan Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,010 < 0,05). Adapun pengaruh yang ditimbulkan media monopoli terhadap pemahaman keragaman budaya sebesar 56,30%, sedangkan 43,70% sisanya dipengaruhi faktor lain. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media monopoli terhadap pemahaman keragaman budaya siswa kelas IV SD Negeri 1 Parungkamal Kecamatan Lumbir Tahun Pelajaran 2017/2018.