DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA KELAS 1 (SATU) YANG MENEMPUH JENJANG TAMAN KANAK-KANAK DENGAN TIDAK MENEMPUH JENJANG TAMAN KANAK-KANAK DI SD NEGERI PAGOJENGAN 03 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Janatun, Eva
Subject
Psikologi Anak 
Datestamp
2019-01-26 03:48:39 
Abstract :
Pendidikan anak usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dan membantu perkembangan psikologi anak. Hal ini yang menyebabkan munculnya perbedaan perkembangan psikologi siswa kelas I yang menempuh jenjang TK dan yang tidak menempuh jenjang TK. Seperti yang terjadi di SD Negeri Pagojengan 03. Di SD tersebut, siswa kelas I yang menempuh jenjang TK dapat dikatakan memiliki kemampuan dalam aspek perkembangan psikologi yang berbeda dengan siswa kelas I yang tidak menempuh jenjang TK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan psikologi siswa yang menempuh jenjang TK dengan siswa yang tidak menempuh jenjang TK siswa kelas I SD Negeri Pagojengan 03 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, subjek penelitian siswa siswi kelas I (satu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan perkembangan psikologi siswa yang menempuh jenjang TK dengan siswa yang tidak menempuh jenjang TK siswa kelas I SD Negeri Pagojengan 03 Tahun Pelajaran 2017/2018 terlihat dari aspek perkembangan sosial, perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan bahasa, dan perkembangan spiritual. 
Institution Info

Universitas Peradaban