Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model pembelajaran dan alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang berdampak pada perolehan hasil belajar siswa di MI NU 01 Prupuk Selatan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis permianan bowling dan kartu terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MI NU 01 Prupuk Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan bentuk desain bentuk quasy eksperimental design menggunakan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group. Teknik analisis data menggunakan langkah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbasis permianan bowling dan kartu terhadap hasil belajar IPS siswa MI NU 01 Prupuk Selatan Tahun 2017/2018. Adapun pengaruh yang ditimbulkan sebesar 54,20% sementara itu 45,80% sisanya dipengaruhi faktor lain..