Abstract :
Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika serta kurangnya model dan media pembelajaran, sehingga ada beberapa siswa yang hasil belajarnya belum tuntas pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design berbantuan ular tangga terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Pengarasan 04 tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan design one-shot case study . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Pengarasan 04 tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis regresi linear sederhana.
Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh Fhitung sebesar 7,419 dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05 maka diperoleh Ftabel 5,32 sehingga Fhitung > Ftabel, jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design berbantuan ular tangga terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Pengarasan 04 tahun pelajaran 2017/2018.