DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SD
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Fauzyi, Hanni
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-02-03 04:52:31 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tinggarjaya yang tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes pemecahan masalah siswa yang sebagian besar di bawah KKM serta berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tenik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD sebesar 69,90%, Sedangkan 30,10% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. 
Institution Info

Universitas Peradaban