Institusion
Universitas Peradaban
Author
Fatmaningrum, Umahati (NIM.40214074)
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2019-12-21 03:42:37
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara yang dilakukan pada SD di Cibentang diperoleh informasi bahwa hasil belajar kognitif siswa masih rendah dengan nilai dibawah 70 pada mata pelajaran IPA, tersedianya sarana teknologi informasi dan komunikasi seperti laptop dan LCD proyektor tetapi tidak diimbangi dengan tersedianya media pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media IPA berbasis macromedia flash 8, (2) mengetahui langkah-langkah pengembangan media IPA berbasis macromedia flash 8, (3) mengetahui kelayakan media IPA berbasis macromedia flash 8.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Resseach and Development (R&D). Pengujian keefektifan pembelajaran menggunakan metode Quasi Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dengan model ADDIE dengan 5 tahapan (Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Cibentang 02 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 10 peserta didik dan kelas V SD negeri Cibentang 01 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen pengambilan data dengan wawancara, angket dan test. Dilanjutkan dengan teknik analisis data menggunakan uji normalitas data akhir, uji data akhir, uji homogenitas data akhir dan uji beda rata-rata.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash 8 mampu memenuhi kriteria elemen visual, elemen verbal, kesederhanaan, kelengkapan, komunikatif, belajar mandiri, belajar setahap demi setahap, unity multimedia dan kontinuitas. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 86,33% dengan kategori A ?sangat baik?. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 93,46% dengan kategori A ?sangat baik?. Dan hasil respon peserta didik dalam uji coba terbatas menyatakan media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash 8 memperoleh kategori baik dan praktis. Pada pengujian keefektifan pembelajaran mendapatkan selisih nilai sebanyak 33,25, dari hasil tersebut maka nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada nilai rata-rata kelas kontrol.