DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD PADA SEKOLAH BINAAN (SEKBIN) 2 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Hani, Umi
Subject
Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 
Datestamp
2019-03-12 06:50:02 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki ciri-ciri motivasi belajar rendah dan prestasi belajar siswa pada beberapa mata pelajaran yang nilainya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode outdoor learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV SD pada sekbin 2 kecamatan Tonjong kabupaten Brebes tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunaka adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan pendekatan Quasi-Exsperimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di sekbin 2 kecamatan Tonjong kabupaten Brebes yang terdiri dari 11 sekolah, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dari dua SD yaitu SD Negeri Linggapura 01 dan SD Negeri Linggapura 02. Data dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menujukan besarnya pengaruh antara metode pembelajaran outdoor learning terhadap motivasi belajar siswa sebesar 30,7% dengan nilai signifikansi 0,04<0,05 dan nilai thitung 3.194>ttabel 2,069. Hasil penelitian juga menujukan besarnya pengaruh antara metode pembelajaran outdoor learning terhadap prestasi belajar siswa sebesar 98,9% dengan nilai signifikansi 0,00<0,05 dan nilai thitung 45,353>ttabel 2,069, maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan metode outdoor learninng terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD sekbin 2 kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes tahun Pelajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Peradaban