DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN STUDENT WORK SHEET IPA BERBASIS PENDEKATAN DISCOVERY UNTUK SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDA’IYAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Astuti, Widi
Subject
371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2019-03-14 04:30:13 
Abstract :
Hasil analisis kebutuhan menunjukkan sebagian hasil belajar mata pelajaran IPA, siswa belum mampu memenuhi KKM IPA sebesar 65,sekolah membutuhkan LKS yang bervariasi untuk menarik perhatian siswa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas LKS IPA berbasis pendekatan discovery. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Research and Development/ R&D dengan design one group pretest postest design. Model penelitian dan pengembangan penelitian menggunakan desain Pendekatan ADDIE. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma?Arif NU 01 Krajan dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji banding. Hasil penelitian diperoleh (1) LKS IPA berbasis pendekatan discovery valid dan layak digunakan berdasarkan uji validasi ahli materi dan ahli media memperoleh rata-rata skor 3,30 dan 3,95 dengan kriteria sangat baik, (2) LKS IPA Berbasis pendekatan discovery dapat menigkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi gaya dan gerak, ditunjukkan dari hasil uji t test yaitu rata-rata hasil posttest > rata-rata hasil pretest yaitu79 > 53 
Institution Info

Universitas Peradaban