Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MI Al Falahiyah Plompong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran IPA berbasis proyek terhadap sikap ilmiah siswa di kelas V MI Al Falahiyah Plompong Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan bentuk pre eksperimental design menggunakan one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah kelas V MI Al Falahiyah Plompong. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VB MI Al Falahiyah Plompong yang berjumlah 19 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test.
Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Maka dapat diambil keputusan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu artinya rata-rata nilai sikap ilmiah setelah menggunakan model pembelajaran IPA berbasis proyek lebih baik dari rata-rata nilai sikap ilmiah sebelum menggunakan model pembelajaran IPA berbasis proyek.