DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD NEGERI 02 PANINGKABAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Ma’arif, Amin
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2019-03-14 04:30:03 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini ditemukansebagianbesarsiswa kelas III SD Negeri 02 Paningkaban memilikihasilbelajar IPS yang rendah. Selainitu, ditemukan pula dalampembelajaran guru masihmenggunakanmodel pembelajarankonvensional. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui apakah terdapat perbedaan model pembelajaran kepala bernomor struktur dan model pembelajaran think pair share (TPS) ditinjau dari hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 02 Paningkaban Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimenberbentukPosttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Paningkaban Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 45 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuhsehinggaseluruhpopulasidijadikansampelpenelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasidan tes. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis uji T sampelindependen. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh ?ttabel> thitung, yaitu -2,397 > -3,087. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran kepala bernomor struktur dan model pembelajaran think pair share (TPS) ditinjau dari hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 02 Paningkaban Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen II (model pembelajaran think pair share (TPS)) lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen I (model pembelajaran kepala bernomor struktur), yaitu 75,80> 66,21. 
Institution Info

Universitas Peradaban