Abstract :
Berdasarkan permasalahan utama yang ditemukan melalui kegiatan wawancara diketahui bahwa LKS IPA yang digunakan di kelas III terpaku pada teks materi dan pembelajaran berpusat pada guru. Sehingga ada sejumlah siswa yang kurang aktif dan cenderung diam atau justru bermain-main bersama temannya yang lain tidak memperhatikan guru dengan seksama. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba mengembangkan LKS berbasis CTL yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan research and development (R & D) dengan model pengembanagan 4D (Define, Design, Development dan Dissemination) milik Thiagarajan (1974). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media LKS layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media 4,7 ahli materi 4,45 skor penilaian keseluruhan dengan kategori ?Sangat Layak?. Kemudian analisis uji t-test menunjukkan media atau bahan ajar student worksheet IPA berbasis pendekatan CTL efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai sig. 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Berdasarkan hal tersebut dinyatakan bahwa ada perbedaan nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS IPA berbasis pendekatan CTL.