Abstract :
Fenomena dan kasus yang ada di SD Negeri 4 Jatilawang tentu tidak terjadi begitu saja, banyak faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini hanya memfokuskan permasalahan pada ?Model TTW (Think Talk Write). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 4 Jatilawang tahun pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Jatilawang. Pada tahun ajaran 2018/2019 melalui model pembelajaran TTW (Think Talk Write).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskrptif. Sumber penelitian ini adalah Guru dan Siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian berdasarkan kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan model TTW (Think Talk Write) berbasis keterampilan menulis laporan sangat memungkinkan siswa untuk memahami materi pembelajaran dengan membaca, melakukan diskusi, dan membuat catatan laporan.