Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya madrasah ibtidaiyah negeri model yang terdiri dari kelas unggulan dan kelas reguler, penelitian ini difokuskan pada Studi Komparasi Kedisiplinan Siswa Kelas Kelas IV Unggulan Dan Reguler di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Model Larangan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komparasi kedisiplinan siswa kelas IV unggulan dan reguler MI Negeri Model Larangan di Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Hasil penelitian menujukan bahwa kedisiplinan siswa dapat dilihat dari disiplin waktu yang terlihat seperti berangkat tidak terlambat, mengumpulkan tugas tepat waktu, masuk kelas setelah bel istirahat, dan izin ke toilet, disiplin menaati aturan yang terlihat seperti memakai seragam sesuai hari dan menaati tata tertib sekolah, sedangkan disiplin sikap dapat terlihat sopan, santun, senyum, sapa dan salam, dari kedisiplinan yang telah disebutkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa kelas unggulan A merupakan kelas lebih disiplin dari kelas unggulan B, kelas unggulan B lebih disiplin dari kelas reguler.