DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR TEMA 1 MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 SAMBIRATA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
Edy, Aenun Rizki
Subject
Hasil Belajar, Prestasi Siswa 
Datestamp
2019-10-12 04:33:26 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas IV yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu kemungkinan penyebab yang ditimbulkan ialah pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung bersifat konvensional. Upaya mengatasi persoalan tersebut bisa dengan penerapan pendekatan Keterampilan Proses dan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran khususnya terkait dengan keefektifannya terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan penelitian ini apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA siswa dengan menggunakan pendekatan Keterampilan Proses dan pendekatan Saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk Quasy eksperimental Design menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sample yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel 73 siswa. Hasil uji statistik Independent Sampel T-Test yang dilakukan, nilai signifikansi < 0,05 dan nilai t hitung pada penelitian ini adalah = -2.371 lebih kecil dari t tabel 1,666. Maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif Ha ditolak tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara pendekatan Keterampilan Proses dan pendekatan Saintifik tema 1 mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 01 Sambirata Saran untuk guru pembelajaran dengan pendekatan Keterampilan Proses dan pendekatan Saintifik dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Peradaban