Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya implementasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, penelitian ini difokuskan pada Analisis Implementasi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 03 Cilangkap Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis implementasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tamatik di SD Negeri 03 Cilangkap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menujukan bahwa Pada tahap perencanaan, guru sudah membuat RPP sebelum melaksanakan pembelajaran hanya saja guru mengalami kesulitan dalam pembuatan indikator dan menentukan nilai. Pada tahap pelaksanan, kegiatan pembelajaran dikelas IV guru terlihat belum begitu paham tentang pembelajaran tematik terlihat dari ketika ada pembelajaran yang menuntut guru untuk lebih detail, guru masih belum bisa mengembangkan tema, guru kesulitan dalam menggabungkan tema. Pada tahap penilaian, kegiatan penilaian yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan tes dan non tes.